Breaking News

Studi: Wiraswasta, Pekerja Paling Bahagia Sedunia


Masyarakat anda pada lazimnya memandang wiraswata sebagai profesi yangtidak cukup menjanjikan. Tak jarang kegiatan ini di anggap sebelah mata.

Coba anda perhatikan, tidak sedikit orang tua merasa bangga andai anaknya bekerja di di antara instansi, daripada berwiraswasta. Namun anggapan tersebut telah tidak relevan lagi di zaman now.

Beberapa riset menuliskan, berwiraswasta tersebut lebih menciptakan bahagia dibanding bekerja pada sebuah instansi atau bekerja guna orang lain.

Wiraswasta Bisa Mengekspresikan Diri

Studi teranyar sekelompok peneliti dari Inggris yang dipublikasikanmelewati jurnal “Work Employment and Society” mengungkapkan, orang yang bekerja sendiri atau wiraswasta lebih bahagia dan menyukai pekerjaan mereka dibandikan profesi lain. Mereka memutuskan bahwa semua wiraswasta di sekian banyak  sektor lebih berhasil dalam karier mereka. Wiraswastapun merasa lebih puas dengan kontribusi mereka dalam bidang profesional.

Salah satu peneliti dari University of Sheffield, Profesor Peter Warr, mengungkapkan, “Pekerja profesional yang berwiraswasta benar-benar menghargai nilai yang mereka anut.”

Orang-orang yang berwiraswasta memiliki kemerdekaan untuk berinovasi dan mengekspresikan pandangan mereka sendiri. Warr pun menilai semua wiraswasta dapat merasakan waktu mereka berjam-jam guna bekerja. Pekerjaan malah memuaskan dan menciptakan mereka bahagia.

Di samping itu, peneliti beda dari University of Exeter professor Ilke Inceoglu menuliskan, semua wiraswasta lebih bahagia sebab merasamasing-masing hasil yang diperoleh adalahjerih payah sendiri. “Terlibatsarat dalam pekerjaan menciptakan orang energik dan menghargai kontribusinya,” ujar Inceoglu.

Hasil penelitian tersebut didapat setelah semua peneliti mempelajari data dari 5.000 pekerja di Inggris, Amerika Serikat, Selandia Baru, dan Australia. Mereka mengukur kepuasan karier semua pekerja di bidang konsultasi manajemen, ritel, pendidikan, layanan keuangan, asuransi, dan real estate.

US News baru saja merilis peringkat tahunan pekerjaan. Peringkat menurutaspek yang sangat penting dari sebuah pekerjaan, tergolong potensi pertumbuhan, ekuilibrium kehidupan kerja dan gaji. Tahun ini, yaitudeveloper perangkat empuk menempati posisi kesatu sebagai kegiatan terbaik secara keseluruhan.

Dokter gigi menduduki urutan kedua, dibuntuti asisten dokter pada peringkat ketiga dan perawat praktisi di urutan keempat. Pertama kalinyasemenjak 2015, kegiatan perawatan kesehatan belum menduduki susunan teratas, meskipun posisi perawatan kesehatan terus mendominasi 2018. Selain memungut 47 dari 100 kegiatan terbaik, beberapa besar kegiatan dengan bayaran terbaik pun dalam perawatan kesehatan. Dengan gaji rata-rata USD 269.600, berpengalaman anestesi menempati peringkat teratas,dibuntuti oleh berpengalaman bedah di nomor 2 dan dokter kandungan dan ginekolog di nomor 3.

Pekerjaan bidang perawatan kesehatan lebih menonjol dari tahun ke tahun, dan ditebak akan terus berkembang pesat di pasar kerja pada 2026. Profesi perawatan kesehatan mendahului dokter--ada permintaan yang tinggi pada bidang keperawatan, untuk memenuhi posisi yang terdapat dalam teknologi perawatan kesehatan, di lokasi tinggal sakit dan di lokasi lain dalamsekian banyak  kategori industri.

Dari hasil penelitian di atas, apakah Anda ketika ini berada pada bidangkegiatan tersebut? Dan apa telah siap guna berwiraswasta?

Menggeluti bidang terbaik dan bisa menjadi pekerja terbahagia seduniaialah impian tidak sedikit orang, contohnya saat ini kita berkerja di bidang developer perangkat lunak, bakal lebih sempurna bilamana berwiraswasta dalam bidang tersebut.

Tidak ada komentar