Breaking News

Fungsi Hormon yang Muncul Saat Anda Stres


Stres akan merangsang respon biologis tertentu dalam tubuh manusia. Ketika Anda menikmati adanya ancaman, tertekan, atau menghadapi kendala besar maka ada sejumlah hormon stres yang akan dicungkil ke semua tubuh Anda.

Ketika tubuh merasa tertekan, hipotalamus yakni bagian dari benak akan langsung menyerahkan responnya. Hipotalamus mengantarkan sinyal saraf dan hormon ke kelenjar adrenal yang letaknya sedang di atas ginjal. Kelenjar adrenal berikut yang bakal melepaskan tidak sedikit hormon guna merespon situasi yang sedang terjadi.

1. Hormon adrenalin

Hormon adrenalin ialah hormon yang pun dikenal sebagai hormon fight or flight (lawan atau lari). Hormon ini bakal langsung diproduksi saat kelenjar adrenal menemukan sinyal dari benak bahwa ketika ini sedang menghadapi kondisi yang sangat menciptakan stres.

Contohnya begini, ketika Anda mengendarai mobil dan inginkan pindah jalur dari kanan ke kiri, tiba-tiba ada suatu mobil dari belakang dengan kecepatan paling tinggi yang dapat menabrak Anda. Di sinilah Anda bakal merasa dalam kondisi tertekan dan stres. Lantas apa yang terjadi?

Anda refleks dengan cepat langsung pulang ke jalur sebelumnya dengan jantung berdebar-debar, otot tegang, napas memburu, dan mungkin pun tiba-tiba berkeringat.

Perubahan yang melulu sekian detik ini terjadi dampak lonjakan hormon adrenalin. Seiring dengan penambahan denyut jantung yang terjadi, adrenalin pun memberikan Anda ekstra energi untuk menciptakan Anda dapat bergerak dengan paling cepat.

Begitu pun ketika kita sedang stres memburu deadline pekerjaan. Hormon adrenalin bakal menawarkan energi tambahan supaya kita tetap berstamina guna menyelesaikannya cepat-cepat.

2. Hormon norepinefrin

Hormon norepinefrin pun adalahhormon yang didapatkan dari kelenjar adrenal, berkolaborasi dengan hormon adrenalin ketika berada dalam kondisi yang buat tertekan.

Saat seseorang terdapat dalam kondisi yang sarat tekanan, norepinefrin bakal memengaruhi tingkat kewaspadaan seseorang. Saat sedang stres, Anda bakal menjadi lebih sadar, lebih fokus, lebih awas menyaksikan situasi sebab seperti terdapat sesuatu yang mengancam, kita menjadi lebih responsif. Ini ialah salah satu efek dari lonjakan hormon stres norepinefrin.

3. Hormon kortisol

Kortisol ialah hormon stres utama, yang paling berperan dalam menghadapi stres. Bedanya dengan dua hormon sebelumnya, efek kortisol ini tidak langsung hadir saat kesatu kali kita dihadapkan dengan stres. Butuh waktu sejumlah menit untuk menikmati efek dari lonjakan kortisol.

Saat stres, hormon kortisol akan menolong menjaga ekuilibrium cairan dan desakan darah seraya mengatur faedah yang tidak urgen dalam kondisi yang menakut-nakuti jiwa.

Efek ini hadir dimaksudkan supaya tubuh tubuh lebih efektif menghadapi kondisi stres, energi tidak berakhir untuk menata sistem lainnya contohnya sistem kekebalan atau pencernaan yang sedang tidak diperlukan.

Ini ialah proses biologis yang normal dan paling penting untuk kelangsungan hidup insan untuk bertahan hidup menghadapi stres.

Akan tetapi, andai terlalu lama terjadi lonjakan kortisol ini juga riskan untuk kesehatan sebab kehadirannya yang mengurangi fungsi sejumlah sistem tubuh laksana pencernaan.

Tidak ada komentar