Breaking News

Mau Bikin Kue Kering?. Kenali 3 Jenis Loyang Pemangang Kue


Perhatikan jenis-jenis loyang kue sebelum kita membuat pelbagai kue kering. Karena tiap jenis punya keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Jika hendak membuat kue kering, loyang datar jadi opsi tepat. Saat ini tidak sedikit dijual loyang segi empat dengan pinggiran setinggi 1 cm. Loyang ini dapat digunakan untuk menciptakan beragam ragam kue kering. Seperti putri salju, nastar sampai kastangel. 

Tinggi loyang datar ini memprovokasi panas yang mengalir dalam oven. Jika terdapat usahakan pakai loyang datar dengan sidikit tekukan. Karena pinggiran setinggi 1 cm akan merintangi aliran panas mematangkan sisi kue kering.

Di samping ukuran dan format jenis bahan pembuat loyang pun ada sejumlah jenis. Tiga jenis bahan loyang kue kering ini dapat dipilih.

1. Aluminium 
enis loyang yang satu ini sangat mudah didatangi di pasaran. Anda barangkali sudah tak asing dengan loyang jenis ini. Apalagi harganya paling terjangkau. Tidak heran bila loyang ini jadi primadona.

Ada sejumlah pilihan ketebalan loyang, dengan rentang ukuran 0,6 - 1 mm. Sementara guna bentuknya, lazimnya berbentuk persegi panjang. Ukuran panjangnya pun beragam. Tapi seringkali berukuran 30 x 20 cm.

Loyang aluminium punya sejumlah kelebihan. Pertama, dapat menghantarkan panas yang baik guna kue kering. Kedua, menncegah penyerapan panas berlebih yang dapat membuat kue kering gosong. Tapi sebelum digunakan, usahakan oles tipis-tipis dengan mentega supaya kue tidak lengket.

2. Logam
Perbedaan gampang kelihatan antara loyang aluminium dan loyang logam merupakan pada warnanya. Kalau loyang aluminium berwarna putih, loyang logam warnanya agak kehitaman.

Umumnya tercipta dari lempengan besi atau baja. Oleh sebab itu, hati-hati andai Anda memakai loyang berbahan dasar besi. Sifat besi yang gampang menyerap panas butuh diwaspadai karena dapat membuat kue kering cepat gosong. Harga loyang ini pun lebih mahal dibanding aluminium. 

Tapi loyang ini punya keistimewaan yang tidak dipunyai loyang aluminium. sebab loyang logam seringkali diberi lapisan antilengket. Sehingga kue kering lebih mudah diusung saat matang. Karenanya, hindari menyikat loyang logam ketika mencucinya untuk menangkal lapisan itu rusak. Sebaiknya diamkan loyang dulu sampai dingin, kemudian cuci perlahan dengan spon dan sabun cuci piring.

3. Silikon
Loyang yang satu ini telah hits dari tahun 2010. Kala tersebut ada tidak sedikit loyang silikon warna warni yang dipasarkan di pasaran. Ada tidak sedikit kelebihan yang dipunyai loyang silikon. Loyang silikon dapat dipakai guna memanggang sampai suhu 200 C. Selain tersebut juga dapat didinginkan di dalam freezer. Jadi loyang kue yang satu ini multifungsi.

Ada tidak sedikit kelebihan lainnya. Seperti tidak butuh dioles minyak atau margarin, lebih cepat panas dan merata panasnya sampai ke semua bagian, kue lebih gampang dilepas dari loyang, tidak berkarat, dan gampang dibersihkan.

Walau demikian, tidak boleh menggunakan pisau atau benda tajam. Karena benda tersebut dapat menggores loyang. Serta tidak boleh mengenai loyang silikon langsung pada api yang menyala.

Tidak ada komentar