Breaking News

Ban Cepat Aus Bisa Karna Kaki-kaki Mobil


Kecelakaan kemudian lintas di Indonesia khususnya kota-kota besar masih tidak jarang terjadi. Penyebabnya ada sejumlah faktor, salah satunya yang sering luput dari perhatian pengemudi ialah kaki-kaki kendaraan baik mobil maupun motor.

Untuk tersebut Otolovers tidak boleh cuma simaklah fitur-fitur ketenteraman pada mobil saja, namun periksa pun kaki-kaki mobil anda. Sebab andai tidak diacuhkan dalam jangka masa-masa panjang fatal akibatnya, khususnya pada unsur ban mobil.

"Mengabaikan situasi kaki-kaki mobil dapat mengakibatkan ban cepat haus dan memperbesar bisa jadi pecah ban ketika berkendara pada kecepatan tinggi dalan masa-masa lama, sampai-sampai memperbesar risiko kecelakaan," ujar Founder PT Himawan Putra, Prayitno Himawan, sejumlah waktu lalu.

Berdasarkan data Jasa Marga, kata Prayitno, dari lima ribu kemalangan yang terjadi di jalan tol sekitar dua tahun belakangan 23 persennya diakibatkan karena pecah ban.

"Memperhatikan situasi kaki-kaki kendaraan ini sangat krusial sebelum mengerjakan perjalan panjang, sebab di samping jarak tempuh seringkali kendaraan dipenuhi dengan beban muatan yang maksimal dan ada desakan ingin cepat hingga tujuan, akibatnya rentan kecelakaan," katanya.

Hal itu bukan tidak terdapat obatnya, tentu dapat dicegah, salah satu metodenya dengan mengerjakan pengecekan kaki-kaki (spooring). Lanjut Prayitno mengatakan, terdapat teknlogi yang dapat mengerjakan spooring melulu dalam semenit yaitu Hunter Quick Check.

Dengan teknologi tersebut, pengendara bisa mengetahui situasi kaki-kaki mobil terlebih dulu sebelum menyimpulkan untuk mengerjakan spooring balancing, yang mana bakal menyita waktu.

"Jadi dapat memutuskan apakah akan mengerjakan spooring balancing atau tidak. Selama ini seringkali pemilik mobil tidak tahu situasi kaki-kaki mobilnya saat masuk bengkel, mereka langsung kerjakan spooring balancing saja tanpa lebih dulu memeriksa situasi kaki-kaki sebab rumit. Dengan teknologi ini empunya mobil dapat memeriksa kaki-kaki dengan cepat sampai-sampai tidak butuh spooring balacing andai tidak diperlukan," lanjutnya.

Tidak ada komentar