Breaking News

Hindari Kesalahan Fatal di Tahun Pertama Buka Usaha

Pada mula membuka usaha, anda kerap mengerjakan trial-and-error hingga benar-benar mengejar ritme yang tepat untuk bisnis tersebut. Wirausahawan pemula memang butuh belajar dari empiris untuk menjalankan bisnisnya.

Dikutip dari Swara Tunaiku, sebetulnya ada sejumlah kesalahan umum yang biasa dilaksanakan pengusaha di mula bisnisnya. Dengan menghindari kesalahan-kesalahan berikut, usaha anda pasti bisa melesat lebih cepat!

1. Memulai usaha tanpa mengetahui seluk-beluknya

Kamu pasti perlu mempelajari bidang usaha yang akan anda geluti. Jika tidak mengetahui seluk-beluknya, bisnismu akan sukar berkembang. Carilah informasi berhubungan bidang usahamu sebanyak-banyaknya.

Sumbernya dapat dari internet, buku, maupun seminar bisnis. Jangan sungkan guna bergabung di komunitas pengusaha dan menjadikan orang-orang yang kawakan di bisnis itu sebagai mentormu.

2. Kurang sigap bergerak

Kemampuan menyimak peluang dan mengantisipasinya ialah salah satu kunci urgen dalam berbisnis. Maka dari itu, masing-masing kali terdapat peluang, anda mesti dapat bergerak cepat guna memanfaatkannya.

Banyak pebisnis pemula yang tidak cukup sigap memungut peluang sampai-sampai keburu didahului orang lain. Penting untuk dikenang bahwa memanfaatkan momentum sangatlah urgen untuk menggaet konsumen baru.

3. Tidak peka terhadap kemauan konsumen

Meski anda punya produk yang konsep pemasaran yang hebat, semua tersebut nggak akan tidak sedikit berguna andai kamu tidak peka terhadap keinginan konsumen. Dengarkanlah suara konsumen dan pahami kemauan mereka.

Kenali pula jenis produk yang mereka sukai dan perilaku mereka sebelum anda memutuskan guna melempar produk ke pasar. Jika produkmu dapat memenuhi keperluan konsumen, kesempatanmu guna memperluas pasar bakal semakin besar.

4. Abai mengembangkan jaringan seluas-luasnya dalam berbisnis

Jaringan bisnis ialah fondasi yang mesti dibangun supaya bisnismu dapat berdiri tegak dan bertumbuh. Semakin luas jaringan yang anda miliki, semakin lebar pula kesempatanmu guna mengembangkan usaha. Miliki koneksi seluas-luasnya dengan sekian banyak  pihak, mulai dari supplier, asosiasi pengusaha, sampai calon investor dan konsumen yang potensial.

5. Terlalu tidak sedikit mengikuti saran dari orang lain

Sebagai pebisnis pemula, anda memang membutuhkan tidak sedikit masukan dari orang lain. Tapi, kamu dapat bingung andai mengikuti seluruh saran yang diserahkan setiap orang kepadamu. Kebingungan membuatmu tidak fokus. Hal ini tentu akan jadi bumerang untuk bisnismu.Untuk menangkal hal ini, pilihlah seorang mentor yang menurutmu kompeten, teruji, dan dapat kamu percaya.

Dia akan menyerahkan saran-saran yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnismu di tahun-tahun kesatu. Di samping itu, kamu pun harus meyakini intuisimu sebagai pengusaha.

6. Meremehkan pemasaran

Pemasaran ialah ujung tombak bisnismu. Kalau produkmu hendak terjual, kamu perlu strategi marketing yang matang guna mempenetrasi pasar, khususnya pemasaran secara online. Beberapa teknik yang dapat kamu kerjakan antara lain mengerjakan optimalisasi search engine atau memanfaatkan iklan lewat media sosial, sampai-sampai konsumen dapat lebih mudah mencapai produkmu.

Dengan mengenali kesalahan-kesalahan di atas lebih awal, anda pun dapat melakukan antisipasi lebih dini supaya bisnismu dapat bertumbuh cepat semenjak tahun-tahun kesatu.

Tidak ada komentar