Breaking News

Gejala Bronkitis dan Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Bronkitis


Meski tergolong penyakit ringan, tetapi kehadiran penyakit bernama bronkitis tentu akan sangat mengganggu. Terlebih organ yang diserang adalah organ pernapasan, salah satu organ paling penting dalam tubuh. Untuk itulah penting bagi kita untuk mengetahui penyebab maupun gejala bronkitis itu sendiri.
Setiap hari kita berkutat dengan polusi udara. Udara bersih semakin sulit didapatkan. Belum lagi gaya hidup yang tidak sehat seringkali menjadi momok yang kemudian membuat kita lebih rentan terserang penyakit, termasuk bronkitis.

Jika sudah terserang, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi bronkitis.

1. Melakukan vaksinasi terhadap influenza maupun pneumonia sesuai dengan yang disarankan oleh dokter.

2. Meminum lebih banyak air dalam sehari. Sebab hal tersebut dapat membantu dahak yang ada disaluran bronkus menjadi lebih encer. Dahak yang lebih encer tentu lebih mudah dikeluarkan dari dalam tubuh ketika batuk.

3. Makan makanan yang kandungan gizinya berimbang. Jika bronkitis itu sampai menimbulkan emfisema, maka kurangilah porsi makan kita tetapi lebih rutin.

4. Melakukan olahraga aerobic atau olahraga lain yang berguna untuk melatih kekuatan tubuh bagian atas serta menguatkan otot tubuh bagian atas. Latihan yang dapat dilakukan seperti berjalan selama 15 menit dalam sehari.

5. Menghindari konsumsi alkohol, dan jika kita seorang pecinta kopi, maka sebaiknya kurangi konsumsi kopi. Keduanya dapat membuat tubuh kehilangan cairan yang diperlukan untuk mengencerkan dahak.

6. Berhenti merokok.

7. Memperbanyak porsi istirahat.

Sebenarnya belum ada obat yang bisa menyembuhkan bronkitis, seperti halnya belum ada obat yang bisa menyembuhkan influenza. Namun jika bronkitis dirasa sangat mengganggu, maka sebaiknya kita ke dokter untuk memeriksakan diri dan mendiagnosa sejauh mana infeksi bronkitis dalam tubuh.
Selain berobat ke dokter, ternyata ada beberapa bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bronkitis. Berikut beberapa bahan alami tersebut.

Lemon

Cara menggunakan lemon sebagai obat bronkitis sangat mudah, yakni campur air perasan lemon dengan segelas air putih, dan minum setiap kali setelah makan. Cara ini sudah cukup terbukti ampuh lho.

Biji Karom

Cara memanfaatkan biji karom untuk bronkitis adalah ambil setengah sendok teh biji karom dicampur dengan segelas buttermilk. Minum selama dua kali sehari. Cara lainnya yaitu dengan mengompres tenggorokan dan dada dengan kompres biji karom yang sudah dicampur air panas.

Cuka Apel

Cuka apel memang dikenal memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mengobati bronkitis. Cara menggunakan cuka apel untuk mengobati bronkitis juga mudah, yakni campurkan satu sendok makan cuka apel dengan segelas air. Minumlah saat setelah makan malam atau sebelum tidur.

Buah Ara

Untuk menggunakan buah ara sebagai obat bronkitis adalah dengan cara ambil dua atau tiga buah ara yang masih segar maupun yang sudah dikeringkan. Kemudian rendam dalam air hangat selama satu malam, keesokan paginya, makanlah buah tersebut dan minumlah air rendamannya.

Bawang Putih

Selain menjadi bahan utama untuk kuliner, bawang putih juga ternyata dapat digunakan sebagai obat bronkitis. Caranya, ambil sepuluh suing bawang putih dan rebus dalam 30 ml susu murni. Setelah mendidih, diamkan hingga menjadi hangat. Minum ramuan tersebut satu kali dalam sehari.

Madu

Sudah tidak disangsikan lagi bahwa bahan alami satu ini memiliki banyak khasiat. Untuk mengatasi bronkitis, kita dapat mengonsumsi satu sendok teh madu di malam hari sebelum tidur.

Itulah beberapa cara dan obat alami yang dapat digunakan untuk mengatasi bronkitis. Semoga informasi di atas bermanfaat ya.




Tidak ada komentar