Breaking News

Cara Mengecek Cylinder Head Mobil Anda Rusak

Bagi empunya kendaraan, mengasuh tunggangan favorit adalahhal yang mesti dilakukan. Pasalnya, andai terjadi kerusakan, akan membutuhkan ongkos untuk perbaikan yang tidak sedikit.

Nah, di antara komponen yang mesti diperhatikan ialah cylinder head. Ada sejumlah kerusakan yang dapat terjadi di kepala silinder, laksana retak.

Lalu, bagaimana teknik mengetahui kepala silinder yang rusak? Mari kita kupas satu persatu:

1) Minyak bocor

Cara memahami cylinder head kendaraan kita retak atau tidak, periksa pun minyak yang ada di cylinder head.

Caranya, buka kap mesin dan lihat kepala silinder kendaraan Anda, apakah terjadi kebocoran minyak atau tidak. Jika tidak, berarti kepala silinder kita tidak merasakan kerusakan.

2) Performa

Sebelum mengerjakan pemeriksaan tersebut, teknik mengetahui terdapat keretakan atau tidak di cylinder head kendaraan Anda, dapat dirasakan dari performa mesin yang menurun.

Pasalnya, andai cylinder head kita retak, terdapat kompresi mesin yang lolos. Di samping itu, dalam sejumlah kasus, mesin juga akan mati.

3) Air radiator bocor

Salah satu ciri cylinder head retak, ialah coolant atau air radiator bocor. Biasanya, kebocoran tersebut mengakibatkan mesin kendaraan kita menjadi panas.

Jadi, cek volume air radiator dan cylinder head sesering mungkin, untuk memahami kepala silinder bocor atau tidak.

4) Asap

Saat cylinder head retak, memang jarang permasalahan mesin menerbitkan asap. Tapi ingat, urusan tersebut dapat saja terjadi, sebab saat cylinder head retak, gas buang tidak terbit dari knalpot namun dari mesin.

Tidak ada komentar