Breaking News

5 Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Renovasi Rumah



Renovasi rumah minimalis mungkin terlihat sepele dan mudah dilakukan. Padahal renovasi rumah minimalis maupun bukan tetaplah membutuhkan persiapan dan perencanaan.  Renovasi rumah biasanya diperlukan ketika beberapa bagian telah rusak dan perlu perbaikan. Misalnya saja, mengatasi kerusakan pada bagian yang bocor, menambah jumlah kamar, mengganti desain minimalis lama menjadi lebih modern dan lain sebagainya.


Renovasi rumah sebenarnya bersifat hanya perbaikan sebagian atau merombak total seluruh bagian rumah. Perenovasian hunian biasanya akan memakan waktu dan membutuhkan sejumlah budget yang harus dikeluarkan. Terlebih lagi jika yang direnovasi total ini artinya budget bisa sama dengan membuat rumah baru. 

Renovasi biasa terjadi pada hunian yang usia 20 tahunan
Renovasi hunian minimalis biasanya dilakukan minimal setidaknya jika usia rumah telah mencapai sekitar 20 tahunan. Biasanya pada usia tersebut struktur rumah telah mulai nampak rapuh sehingga membutuhkan perbaikan supaya dapat dihuni dengan aman. Cara merenovasi rumah juga dapat dikatakan sebagai cara mempunyai rumah baru.

Jika Anda memiliki rencana melakukan perenovasian hunian minimalis dalam waktu dekat ini, ada baiknya jika memperhatikan hal-hal berikut ini. Dengan begitu hasil renovasinya dapat Anda dan keluarga nikmati bersama dalam jangka waktu panjang. 


1.      Rencanakan renovasi lebih awal

Dalam suatu renovasi dapat dibagi menjadi renovasi ringan dan renovasi berat. Oleh karena banyaknya biaya, tidak ada salahnya jika di awal Anda membuat perencanaan dari hal-hal yang kecil hingga hal-hal yang besar. Anda dapat membuat anggaran renovasinya terlebih dulu hingga pemilihan material bangunan.


2.      Pelajari lingkungan sekitar

Sebelum mulai perenovasian Anda wajib mempelajari dahulu tentang keadaan lingkungan sekitar dengan menyesuaikan diri. Apakah lingkungan sekitar termasuk lingkungan elit atau lingkungan yang sederhana? Sebaiknya Anda membangun rumah yang sesuai dengan lingkungan jangan terlalu menonjol dan mewah karena dapat mengundang maling. Tapi jika sistem keamanan di lingkungan memadai, maka sah-sah saja apabila ingin mempunyai rumah yang berbeda dari lainnya.


3.      Pahami karakteristik lahan

Dalam renovasi rumah pahamilah karakteristik lahan. Jika keadaan rumah Anda terasa bising di pinggir jalan sebaiknya, membuat jalur masuk dengan berbagai jenis tanaman hijau sebagai kebun depan rumah. Anda bisa mengurangi kebisingan dengan taman yang simpel sekaligus dapat menghalau  berbagai polutan di udara.


4.      Renovasi rumah sesuai kebutuhan penghuni

Seiring waktu tentu saja ada anggota keluarga yang bertambah. Kebutuhan dapat pula mengalami perubahan. Jika Anda berniat merenovasi rumah ini hal yang tepat. Lalukan segala perubahan dengan melengkapi segala kekurangan. Misalnya memperluas atau mempernyaman area dapur, membuat kamar baru, kamar mandi, dll.


5.      Pelajari struktur bangunan lama

Bagi Anda yang berkeinginan merenovasi rumah minimalis, sebaiknya pelajari dahulu struktur bangunan lama. Pertimbangkan desain baru yang akan Anda konsep apakah dapat menyatu bersama struktur bangunan lama. 

Supaya hasil akhir dari renovasi rumah Anda aman dan terkendali dengan baik, sebaiknya pilihlah jasa renovasi hunian yang profesional. Anda dapat melakukan konsultasi langsung dengan desainer interior yang profesional. Selain itu, memilih material dengan mempertahankan keawetan agar tahan lama dan tidak membuang-buang budget. 

Pemilihan material yang benar tentu akan mempertakankan bangunan lebih lama. Jika bangunan tidak cepat rusak maka Anda bisa menghemat pengeluaran untuk investasi hal yang lain. Oleh sebab itu, agar tidak terjadi anggaran yang tidak semestinya pilihlah tukang bangunan atau jasa kontraktor yang terpercaya dan profesional. 

Agar budget tidak meledak atau terjadi anggaran yang sia-sia Anda memerlukan jasa renovasi rumah terpercaya dan berkredibilitas. Biaya renovasi tidaklah murah, jadi memastikan bahwa jasa yang dipilih adalah terbaik merupakan keharusan.
Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

1 komentar: