Breaking News

6 Kebiasaan Makan yang Membuat Wanita Jepang Langsing

Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas - Siapa yang tidak mengenal Jepang sebagai negeri dengan budaya disiplin dan kemajuan teknologinya? bagi Sobat yang mengenal jepang dari sudut pandang tersebut semuanya memang benar, sudah tidak ada membantah. Namun, apakah Sobat juga menyadari bahwa orang-orang jepang rata-rata memiliki tubuh yang ideal dan jarang yang obesitas? Pengamatan ini akan dibahas dalam artikel ini, mengapa rata-rata orang jepang, lebih khusus bagi wanitanya, memiliki tubuh yang langsing. Kecantikan dan sifat elegan wanita jepang sudah terkenal seantero dunia, (menurut survey). Wanita Jepang berumur 30 tahun akan terlihat seperti baru berumur 18 tahun, begitu pula yang berumur 40 tahun akan terlihat seperti masih 25 tahun. Fakta lainnya bahwa orang-orang Jepang rata-rata berumur panjang dan memiliki tubuh yang ideal. Apa sih rahasianya? berikut tipsnya:


1) Porsi Makanan yang Seimbang

Seperti kita ketahui bahwa orang jepang suka makan sushi dan menjadi makanan utama mereka. Mereka lebih suka makan ikan, rumput lau, sayur-sayuran, kedelai, nasi, buah dan minum teh hijau. Pola makan diet ini secara tidak langsung sebenarnya membuat porsi makan yang seimbang. Hampir semua makanan kesukaan mereka bebas dari makanan tinggi kalori ataupun makanan junk. Makanan yang dipilih rata-rata masih segar serta sesuai dengan musim yang ada. Terlebih untuk makanan ikannya. Musim menjadi faktor penentu makanan yang dipilih orang jepang. Pada musim dingin mereka lebih memilih makanan berupa daging, ikan dan minuman panas serta sup. Sedangkan pada musim panas, mereka akan memilih makanan sup dingin, makanan laut, ramen serta salad.

2) Cara Memasaknya
Tradisi orang jepang kalau masak terutama daging adalah dengan memanggang, membakar, serta menggoreng dengan minyak yang sedikit. Untuk sayur-sayuran biasanya dipotong dan dimasak dengan cepat agar masih terlihat fresh (masih hijau). Keuntungan metode yang dilakukan ini membuat nutrisi masakan yang dibuat tetap ada atau tidak hilang. Sayuran juga memiliki porsi yang sama pada setiap masakan orang jepang. Mereka mengolah sayuran dengan sangat hati-hati agar tampilan dan warna masih terlihat menarik. Bumbu yang digunakan juga tidak diberikan terlalu banyak ataupun terlalu sedikit agar tidak menggangu ketika masuk ke perut. Penggabungan tampilan yang menarik, warna yang fresh serta rasa masakan itu yang menjadi fokus utama dalam masakan orang jepang.

3) Budaya Makan Orang Jepang
Makan merupakan suatu ritual penting yang perlu kita amati bagi orang jepang. Mereka biasanya makan secara perlahan dan sangat menikmati setiap bagian dari makanan mereka. Salah satu yang menarik bahwa setiap jenis masakan biasanya disajikan pada piring yang kecil dan ada aturan bahwa 1 jenis masakan untuk 1 piring ketika hendak dimakan. Mereka menganggap bahwa tidak baik meletakkan banyak jenis makanan dalam satu piring. Selain itu, mereka jarang mendekorasi masakan dengan berbagai macam tambahan.


4) Makan Nasi Ketimbang Roti
Nasi menjadi sangat penting bagi orang jepang. Nasi biasanya dimasak tanpa menggunakan garam ataupun margarin. Karena sudah kenyang makan nasi, orang jepang sangat jarang mengkonsumsi cemilan. Itulah yang membuat porsi tubuh seimbang.


5) Sarapan adalah Makan Utama Setiap Harinya
Siapa Sobat yang sering sarapan mendekati jam makan siang? Ternyata itu adalah kebiasaan buruk yang membuat tubuh tidak ideal Sobat. Nah, orang jepang nih, menganggap sarapan adalah menu utama penting setiap harinya. Sarapan adalah saat untuk makan dengan jenis dan porsi yang cukup mengenyangkan. Berbeda dengan kita orang Indonesia yang sering menganggap sarapan malah menjadi hal yang menggangu karena dapat membuat mengantuk. Sarapan orang jepang termasuk didalamnya nasi, ikan, omelet, sup misou, kedelai dan berbagai sayuran hijau, rumput laut dan teh.


6) MenghindariMakanan Penutup yang Manis
Makanan penutup jarang sekali disajikan bagi orang jepang. Kalau pun ada itu hanya sedikit sekali porsinya. Orang jepang memiliki pandangan yang berbeda mengenai rasa manis. Kalau kita membayangkan rasa manisnya es krim coklat, strowberry dan vanila, bagi orang jepang es itu bisa juga berupa es mochi atau es terbuat dari nasi. Haha. Rata-rata makanan penutupnya rendah kalori dan rendah gula. Bisa dibilang tidak ada cita rasa kebarat-baratan sama sekali. Tetapi bagaimanapun juga, mereka orang jepang patut dibanggakan karena mereka tidak memiliki lemak diperut dibandingkan orang barat di luar sana. LOL


    Tidak ada komentar